PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) NON FORMAL BERBASIS KEAGAMAAN PAUD-TPQ DURROTUZZAMAN DESA SALAKBROJO KEC. KEDUNGWUNI KAB. PEKALONGAN TAHUN 2012/2013

PROPOSAL

PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) NON FORMAL

BERBASIS KEAGAMAAN

PAUD-TPQ DURROTUZZAMAN

DESA SALAKBROJO KEC. KEDUNGWUNI KAB. PEKALONGAN

TAHUN 2012/2013

PAUD BERBASIS ALQURAN PAUD-TPQ DURROTUZZAMAN

A.    PENDAHULUAN

Sebagai lembaga pendidikan keagamaan nonformal,   keberadaan Taman Pendidikan Al Quran Durrotuzzaman Desa Salakbrojo sangat dirasakan manfaatnya bagi orang tua  dan masyarakat sekitarnya khususnya dalam membentuk karakter anak melalui pembelajaran baca tulis Al Quran dan penanaman nilai-nilai agama. Namun begitu tidaklah dapat kita pungkiri bahwa sejalan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak  penanaman nilai-nilai agama saja tidaklah cukup, terlebih pada anak usia dini dimana jumlah mereka ternyata cukup banyak yang mengikuti pendidikan di Taman Pendidikan Alquran namun begitu kebutuhan mereka akan belajar sambil bermain belum bisa dipenuhi oleh Taman Pendidikan Al Quran.

Mendasari akan hal tersebut diatas sebagai upaya pengembangan sekaligus sebagai bentuk dari  rasa tanggung jawab, kami bermaksud merintis berdirinya Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Al Quran. Hal ini kami lakukan mengingat :

1. Taman Pendidikan Al Quran Durrotuzzaman memiliki santri berjumlah 100 anak dengan tingkat usia 2,5- 6 th mencapai jumlah 25% dan mereka belum tersentuh oleh pola pendidikan anak usia dini. Mereka inilah yang nantinya akan kami masukkan dalam kelas PAUD BERBASIS AL QURAN, disamping masyarakat sekitar.

2. Taman Pendidikan Al Quran Durrotuzzaman memiliki  lokasi tempat pendidikan gedung milik sendiri, dengan begitu tinggal melengkapi sarana dan prasarana  yang dibutuhkan dalam mengelola layaknya sebuah taman bermain bagi Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD disamping belum adanya pendidikan anak usia dini di lingkungan sekitar.

3. Tersedianya tenaga pengajar dari  kwalifikasi diploma sampai sarjana yang sesuai dengan kompetensinya di bidang pendidikan dan agama.

4. Adanya lembaga yang menaungi dan siap mengelola yaitu Madin dan TPQ Durrotuzzaman Desa Salakbrojo Kec.Kedungwuni Kab. Pekalongan

5. Adanya dukungan masyarakat khususnya wali santri dan pemerintah Desa Salakbrojo.

B. NAMA KEGIATAN

Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran di bawah naungan Madin dan TPQ  Durrotuzzaman Desa Salakbrojo  melalui  program  “PAUD BERBASIS AL QURAN PAUD-TPQ DURROTUZZAMAN” .

C.    LATAR BELAKANG

Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus kita jaga dan kita didik dengan baik. Allah SWT telah menanamkan fitrah suci pada anak-anak, yang dengan fitrah tersebutlah ia akan menjadi permata yang sangat berharga . Namun Allah SWT juga telah membekali dengan rasa, potensi diri dan panca indera. Dan kitalah yang bertanggung jawab untuk mengembangkan segala rasa dan potensi diri yang dimiliki pada setiap anak.

Sesungguhnya masa kanak-kanak merupakan fase yang paling subur, paling panjang, dan paling dominan bagi seorang murabbi untuk mrenanamkan norma-norma yang mapan dan arahan yang bersih ke dalam jiwa dan sepak terjang anak-anak didiknya. Berbagai kesempatan terbuka lebar untuk sang murabbi dan semua potensi tersedia secara berlimpah dalam fase ini dengan adanya fitrah yang bersih, masa kanak-kanak yaang masih lugu, kepolosan yang begitu jernih, kelembutan dan kelenturan jasmaninya, kalbu yang belum tercemari, dan jiwa yang masih belum terkontiminasi.

Apabila masa ini dapat dimanfatkan oleh sang murabbi secara maksimaal dengan sebaik-baiknya, tentu harapan besar untuk berhasil akan mudah diraih pada masa mendatang, sehingga kelak sang anak akan tumbuh menjadi seorang pemuda yang tahan dalam menghadapi berbagai macam tantangan, beriman, kuat, kokoh, lagi tegar.

Berangkat dari realita ini maka diperlukan satu wadah yang dapat membina dan mendidik secara tepat anak pada masa usia dini, yaitu dengan mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

D.    TUJUAN DAN FUNGSI

Secara umum tujuan Pendidikan Anak Usia Dini adalah membentuk karakteristik anak usia dini sebagai bentuk kepribadian yang utuh yang mampu menjadi anak yang mandiri ialah anak yang mampu memecahkan persoalan hidup dengan ilmu yang dimilikinya dan mampu mensikapi persoalan hidup dengan kepribadian yang dimilikinya.

Secara khusus tujuan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran adalah untuk mengembangkan potensi yang berkaitan dengan :

1. Memberikan wadah pendidikan bagi anak yang berbasis pada nilai-nilai Al Quran.

2. Berusaha untuk meningkatkan dan memberikan pendidikan kepada masyarakat umum khususya para santri TPQ yang belum mengeyam Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengat tingkat usia yang dimilikinya.

3.  Memberikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga tercapai tujuan  pembelajaran dapat tercapai.

Sedangkan tujuan khusus dari PAUD berbasis Al Quran PAUD-TPQ Durrotuzzaman adalah

Mengembangkan seluruh potensi anak sejak usia dini dalam rangka mewujudkan pendidikan anak seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi ideal masa depan yang beriman , berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.

E.     SASARAN

Tersedianya sarana pendidikan anak usia dini berbasis agama bagi anak-anak di lingkungan masyarakat dusun Praan khususnya dan masyarakat Desa Salakbrojo pada umumnya.

F.   KRITERIA KEGIATAN

1. Kegiatan bersifat edukatif

2. Kegiatan  dengan   penekanan   pada   pengetahuan  agama  (pengembangan  nilai-nilai  Al Quran, keimanan dan akhlak )

3. Kegiatan pengembangan potensi anak.

G.    KURIKULUM

PAUD  Durrotuzzaman  merupakan  bentuk  pendidikan  anak  usia  dini  yang  berbasis  Al-Quran. Lama pendidikan adalah 1(satu) tahun atau 2 (dua) tahun sesuai dengan usia anak. Program kegiatan PAUD-TPQ Durrotuzzaman  berpedoman pada kurikulum yang berlaku yaitu dari  Dinas Pendidikan Nasional Direktorat Bidang PAUD dan Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah.

H.    BIAYA

Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran PAUD-TPQ Durrotuzzaman menekankan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar pembelajaran pendidikan anak usia dini adalah bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.

Untuk dapat terlaksananya semua itu, dibutuhkan ;

1.      Sarana dan prasarana,

2.      Ketenagaan,

3.      Administrasi dan Manajemen PAUD,

4.      Peran serta orang tua dan masyarakat.

Dalam mewujudkan kebutuhan tersebut, maka diperlukan biaya yang dapat menopang kegiatan di atas. Yang diharapkan bersumber dari ;

1.      Sumbangan operasional pendidikan dari siswa.

2.      Sumbangan/bantuan pemerintah

3.      Sumbangan dari masyarakat.

I.       PENUTUP

Sebagai bagian dari kewajiban hidup bermasyarakat, tidaklah berlebihan bila kita merasa ikut bertanggung jawab akan ketersediaan sarana pendidikan bagi anak-anak, utamanya adanya keterbatasan peran pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini. Dimana pendidikan anak di usia dini sesungguhnya merupakan masa emas bagi tumbuh kembangnya kemandirian bagi seorang anak di masa mendatang. Oleh sebab itu upaya Madin dan TPQ Durrotuzzaman menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran merupakan satu bentuk rasa tanggung jawab akan keberlangsungan pendidikan bagi anak-anak kita dalam ikut serta mewujudkan generasi yang memiliki kepribadian yang utuh, berkarakter mandiri, serta dengan ilmu yang dimilikinya ia mampu mensikapi persoalan hidupnya

Salakbrojo, 24 Juni  2012

Ketua Penyelenggara

PAUD-TPQ Durrotuzzaman

Desa Salakbrojo Kec. Kedungwuni

JADWAL KEGIATAN DAN MATERI PEMBELAJARAN HARIAN

Di PAUD TPQ Durrotuzzaman anak didik tidak hanya mendapatkan pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an, tetapi ada beberapa materi tambahan yang didapatkan oleh anak didik, sebagaimana telah diatur kurikulum.

Adapun materi tambahan yang didapatkan adalah:

1.      Surat-surat Pendek

2.      Do’a-Do’a Harian

3.      Ayat Pilihan

4.      Bacaan & Praktik Shalat

5.      Pengetahuan Keislaman

6.      BCM (Bermain, Cerita, & Menyanyi)

JAM BELAJAR : 2 JAM X 6 HARI DALAM SATU MINGGU

WAKTU KEGIATAN
14.00 Kedatangan pendidik, menata tempat Main dan belajar
14.30 Kedatangan anak (penyambutan, jurnal / bermain bebas)
14.45 Pembukaan (ikrar, pembiasaan doa-doa harian/ ayat pilihan, cerita, gerak dan lagu)
15.00 Pembiasaan kebersihan
15.15 Kegiatan belajar melalui bermain (sesuai RPP)
16.15 Pembiasaan doa harian, surat pendek, lagu-lagu islami
16.30 Anak –anak pulang
16.30 Pendidik merapikan tempat, melengkapi catatan ,evaluasi kegiatan hari ini, dan menyusun kegitan belajar berikutnya.
17.00 Pendidik pulang

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s