PENANDA TANGANAN MOU PAUD TPQ

Semarang, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Drs. H. Khaeruddin, M.Ag. menyaksikan Penanda tanganan MoU antara Kementerian Pendidikan Nasional RI yang di wakili oleh Direktur PAUD dr DR. Sujarwo, M.Sc dengan Badan Koordinasi Pendidikan Taman Al Qur’an (BADKO TPQ) Provinsi Jawa Tengah dalam acara Sosialisasi Ujicoba Program PAUD TPQ yang di laksanakan di Hotel Patra Jasa Semarang tanggal 29 s/d 30 September 2010. Dalam tersebut yang dihadiri oleh Sekretaris Kanwil Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Biro Kesra Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pengelola PAUD TPQ serta seluruh Pengurs BADKO TPQ Kab. Kota se Jawa Tengah dalam kesempatan itu pula Drs. H. Khaeruddin, M.Ag menyampaikan dalam kata sambutannya, bahwa TPQ termasuk BADKO TPQ pembinaanya memang ada di Kanwil Kementerian Agama sampai SKnya yang menerbitkan adalah Kakanwil Kementerian Agama namun karena minimnya porsi anggaran di bidang agama, maka operasional di biayai oleh Pemprov Jawa Tengah, memngingat jumlah TPQ di Jawa Tengah yang cukup Banyak yaitu 28.446 lembaga sehingga Kanwil Kemenag mau tidak mau harus mipil dalam melakukan pembinaanya.
Penanaman nilai-nilai al qur’an mempunyai nilai yang strategis dan fundamental bila kita kaitkan dengan upaya membangun tata kehidupan yang diharapkan mampu menghantarkan hidupnya bahagia di dunia dan akherat, karena penanaman nilai-nilai Al quran sejak dini dalam rangka mencetak generasi  Qur’ani  mari kita yakini, dalam hal ini ada dua alas an, pertama penanaman Al Qur’an di usia dini merupakan bibit-bibit generasi kehidupan umat manusia di masa yang akan datang dan apabila bibit tersebut  tidak di garap secra dini jangan di salahkan kalo nanti tumbuh liar tidak sesuai dengan harapan, yang kedua tertanamnya nilai Al Qur’an di dalam jiwa sehingga menyatu dengan jiwa seluruh umat manusia akan mampu mendampingi dan membawa manusia akan pencapaian kebahagiaan hidupnya secara indifidual, dan secara kolektif akan mampu membantu terciptanya tatanan masyarakat yang damai, aman, sentosa, sejahtera, penuh keindahan, penuh persaudaraan karena sudah di jamin oleh Allah, itulah kata sambutan Ketua Umum BADKO TPQ Provinsi Jawa Tengah.
 Sedangkan dr DR. Sujarwo, M.Sc yang juga menjabat sebagai Direktur PAUD Kementerian Pendidikan Nasional RI berpendapat bahwa kenapa Jawa Tengah di jadikan sebagai ujicoba program PAUD TPQ, karena dalam langka pengembangan PAUD sejenis Jawa Tengah Mempunyai wadah yaitu BADKO TPQ yang eksis sampai ke kecamatan dan sudah mencoba mengembangkan TPQ menjadi PAUD terpadu, sehingga tidak hanya belajar Al Qur’an saja tapi akan belajar Satuan PAUD Sejenis sehingga kecerdasan anak bias lebih baiak, 1. PAUD merupakan layanan pundamental bagi pembangunan karakter bangsa, 2. Masadepan PAUD adalah masa emas artinya masa yang sangat penting yaitu maya yang sangat diharapkan oleh setiap orang, atau masa sensitive atau masa peka terhadap lingkungan 3. Potensi kecerdasan jamak anank IES 80 % berkembang di masa usia dini. Belajar di usia dini itu tidak aka demik hanya pemahaman terhadap lingkungan, karena anak berhak atas masa depan yang terbaik. Penanaman nilai2 sesorang agar percaya diri, dan creative anak. Bermain dan gembira dengan gembira akan membesarkan otak sehingga cerdas

forward from : http://www.jateng.kemenag.go.id/penamas/read/penanda-tanganan-mou-program-paud-tpq/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s